Masalah Charger Baterai Tablet

Masalah Charger Baterai Tablet

Tidak soal merk tablet pembaca Axioo, Advan, Ainol, Andromax Tab Smartfren, Beyond, Cyrus PAD, IMO, Treq dll, jika adaptor charger baterai tablet android bermasalah, rusak atau hilang, tips kali mungkin cocok bagi pembaca sebagai salah satu solusi selain membeli charger baterai tablet yang baru. Cara ini juga berhasil mengatasi masalah touch screen tablet yang menjadi ‘ngawur’ ketika menggunakan tablet android saat di charge.

Seminggu yang lalu charger tablet cyrus pad saya keselip hilang entah kemana. Daripada kebingungan untuk beli charger baru, saya membongkar stok adapter charger yang sudah tidak dipakai lagi. Karena ukuran baterai tablet 3000mAh (3.0A) dan 3.7V berarti diperlukan charger baterai yang outputnya lebih besar dari itu. Saya mendapat charger seperti gambar dibawah ini, walaupun bisa dipakai untuk cas baterai tablet tetapi kurang pas, karena ampernya yang terlalu kecil, hanya 500mAH. Ngecasnya baterai tabletnya bisa lama sekali.

cara baterai tablet android
Jangan gunakan charger yang ukurannya lebih kecil dari spek baterai tablet, misalnya dibawah 3.7V dan arusnya dibawah 500mA. Ini justru akan menyedot arus dari baterai tablet, dan bahkan bisa merusak charger/tablet. Lihat contoh kasus disini mengapa tablet IMO Tab X series sering tidak bisa dicas/ mati karena masalah charger yang buruk. Charger dibawah tidak bisa digunakan, justru akan mengosongkan/merusak baterai tablet.

masalah charger baterai tablet android

Kemudian pilihan saya jatuh pada charger toshiba bekas karena ukuran ampernya 2A atau 2000mAh dan  volt nya 5V (ket 1). Charge ini cocok untuk tablet saya bahkan lebih baik, karena memiliki perata arus (ket 2) sehingga arus yang keluar dari charger tersebut aman untuk tablet android saya. Keterangan kabel cukup jelas antara arus + dan – (ket 3), memudahkan penggantian kabel. 
cara memgatasi charger tablet android
Karena berbeda jack asli adaptor saya potong ujungnya untuk di ganti dengan mini usb agar cocok sebagai charger baterai tablet. Saya memilih menggunakan input usb mini untuk mengurangi masalah kacaunya touch screen display android tablet saat sedang charging.
  
Berikutnya siapkan kabel mini usb, saya pakai bekas kabel data/charger handphone cina, dan dipotong sekitar 15 cm.
Kemudian kable mini usb disambung ke adaptor charger, warna merah dengan + dan warna hitam dengan -. (lihat keterangan gambar no 2 datas ket 3.). Sebaiknya gunakan multitester agar tahu persis arus + dan – pada kabel adapter charger yang dipotong.
cara adapter charger baterai tablet

Hasilnya cukup memuaskan, charger baterai tablet modifikasi ini dapat mengisi baterai tablet android saya dari keadaan kosong 
hingga penuh (full charge) sekitar 2,5 jam-an.Karena semakin besar amper/arus adapter charger semakin baik dan semakin cepat proses pengisisan baterai tablet. Sudah saya gunakan selama 6 hari dan aman.
mengatasai charger baterai tablet android

Keuntungan lainnya adalah menghilangkan masalah touchscreen android tablet yang sebelumnya setiap ngecas, tablet sulit/tidak bisa digunakan karena tauchscreennya ‘kacau’. Dengan charger baterai ini tablet android saya tetap bisa digunakan selama charging, dan tidak ada masalah touch screen. Analisa kami, masalah grounding yang buruk dari PLN atau kualitas charger yang buruk adalah penyebab masalah touch screen jadi kacau saat di charge. Kesimpulan penyebab touch screen tablet kacau ini juga didasari pengalaman saat menggunakan usb data ke pc. Setiap tablet dihubungkan ke PC komputer, LCD touchscreen jadi kacau. Setelah PC saya beri kabel ground ke selokan air samping rumah, lcd touch screen tablet menjadi normal kembali.  

Jadi selain berbiaya murah, penggunaan modif charger bekas untuk tablet ini sekaligus menjadi cara mengatasi masalah touch screen tablet android.

Jika charger tablet rusak atau hilang, tidak soal apakah akan membeli charger baru atau memodifikasi charger bekas untuk baterai tablet, untuk menghindari kerusakan tablet selalu PENTING di ingat: 

  1. Pilihlah adapter charger tablet android yang kualitasnya baik agar LCD touch screen tablet tidak kacau saat di cas.
  2. Gunakan charger tablet yang volt nya sedikit lebih besar dari spek baterai tablet (jika baterai tablet 3.7V maka gunakan charger sekitar 4V-5V) dan arusnya 1-2A agar proses chargingnya cepat. 
  3. Jangan sembarangan menggunakan charger lain walaupun connector jack charger sama, lihat dulu speknya. Beberapa tablet menggunakan voltase yang berbeda.
Kami membuat modifikasi charger ini agar bisa digunakan untuk segala merk tablet pc android sehingga menjadi universal charger untuk semua pc tablet dengan baterai 3.7Volt.
charger imo, advan, cyrus, andromax smartfren, bpad beyond, axioo
Jack konektor female/ cewek dibuat khusus, beda tablet tinggal colok sehingga berbagai macam tablet bisa menggunakan charger ini. Berguna untuk kami sebagai teknisi yang sering menerima berbagai tablet rusak merk branded maupun lokal buatan china.
tablet tidak bisa di cas

Kini walaupun pemilik lupa membawa charger saat tablet yang rusak di service di BSC, kami dapat menggunakan charger universal “made in bali” ini untuk semua tablet dengan baterai 3.7V…made pasti dari bali he he..;D. 
Walaupun tips disini menggunakan contoh kasus charger untuk tablet atom pad, prinsip yang sama berguna untuk pemilik tablet china/ lokal lainnya seperti Axioo picopad, Advan, Ainol, Andromax smartfren, Alcatel flexi,  Beyond Bpad,  IMO Tab, Mito,Treq dll. daripada membeli charger tablet yang cocok. Dengan modifikasi charger ini bermanfaat juga bagi pemiliki yang membeli beberapa tablet, dan charger universal ini juga dapat digunakan untuk mencharge handphone karena semua baterai lithium hp sama 3.7V.

Semoga tips cara mengatasi masalah charger baterai android tablet ini dan tips cara mengatasi tablet china tidak mau ngecas disini bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *