grafika komputer event mouse


siang kawan kali ane akan share tentang materi ane yaitu grafika komputer , yah langsung saja ok kita kiat…



PRAKTIKUM 07
EVENT
(MOUSE)
7.1    TUJUAN
·        Memahami event mouse pada Processing
·        Membuat program interaktif menggunakan mouse
7.2              LANDASAN TEORI
EVENT MOUSE
Event adalah kejadian yang muncul dari luar program. Program merespon kejadian tersebut melalui fungsi-fungsi yang sudah disediakan oleh Processing.
Event mouse muncul karena kita melakukan sesuatu dengan mouse. Kejadian dari mouse yang ditangkap oleh Processing adalah:
1.      Menekan tombol mouse, direspon dengan mengisi fungsi mousePressed()
2.      Menggerakkan mouse, direspon dengan mengisi fungsi mouseMoved()
3.      Menekan tombol dan menggerakkan mouse, direspon dengan mengisi fungsi mouseDragged()
Selain merespon kejadian yang muncul dari mouse, Processing juga mencatat berbagai hal yang terkait dengan mouse tersebut melalui system variable berikut:
1.      mouseButton, berisi salah satu dari LEFT, RIGHT, CENTER dan menyatakan tombol mouse yang ditekan pemakai.
2.      mousePressed, bernilai true apabila tombol mouse ditekan dan false apabila mouse tidak ditekan.
3.      mouseX, berisi nilai integer dan menyatakan lokasi mouse di sumbu x
4.      mouseY, berisi nilai integer dan menyatakan lokasi mouse di sumbu y
5.      pmouseX, berisi lokasi terakhir mouse di sumbu x sebelum diubah posisinya.
6.      pmouseY, berisi lokasi terakhir mouse di sumbu y sebelum diubah posisinya.
7.3  PERCOBAAN
  1.  Cursor icon
Kursor dapat disembunyikan dengan fungsi noCursor()
// menggambar ellips ditunjukkan oleh hidden cursor
Listing (1):
void setup()
{ size (300,300);
background(200);
  noCursor();
}
void draw()
{
          strokeWeight(5);
            fill(255,0,0);
            ellipse(mouseX, mouseY, 50,80);
}          
// menyembunyikan cursor sampai tombol mouse ditekan
Listing (2)
void setup()
{ size (300,300);
  noCursor();
}
void draw()
{
    background(200);
    strokeWeight(5);
            fill(255,0,0);
            rect(mouseX, mouseY, 50,80);
if(mousePressed==true)
{
            cursor();
}
}          
//  obyek mengikuti kursor
Listing(3)
Void setup()
{  size(500,500);
   background(100);
}
void draw()
{
            noStroke();
            fill(255,0,0);
            ellipse(mouseX,mousey,50,30);
}
// ketika tidak ada pergerakan mouse, akan tergambar titik, tetapi pergerakan mouse yang cepat akan membuat garis yang panjang
Listing(4)
void setup()
{  size(500,500);
   background(100);
   strokeWeight(10);
}
void draw()
{
            line(mouseX,mouseY,pmouseX,pmouseY);
}
7.4  ANALISA DAN TUGAS
  1. Amati listing program 1 sampai 4
2.      Buat program dengan menekan tombol mouse kiri akan menampilkan objek lingkaran tepat ditengah layar dan jika menekan tombol mouse kanan akan menampilkan objek bujur sangkar pada masing1 ujung layar.
3.      Buat program dengan menekan tombol mouse kiri maka akan menampilkan gambar pemandangan desa dan jika menekan tombol mouse kanan akan menampilkan gambar keramaian jalan raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *