Kualitas Lensa Kamera Mirrorless Sony 55-210mm

Jika saat ini anda sedang mencari lensa kamera mirrorless Sony E-mount, maka anda pasti setidaknya pernah mendengar atau mungkin mempertimbangkan untuk mencari lensa Sony 55-210mm di tempat jual kamera mirroelss Sony. Pada beberapa jenis kamera, lensa ini dimasukkan sebagai lensa bawaan, terutama yang dijual secara bundling dan termasuk entry-level telephoto lens untuk kamera E-mount.

Banyak profesional maupun amatir di bidang fotografi yang mengaku pernah menggunakan lensa ini. Banyak dari mereka yang kemudian menuliskan kesan atau review tentang bagaimana performa lensa kamera mirrorless Sony yang satu ini. Dari review tersebut, kita dapat mengambil kesimp[ulan tentang bagaimana kualitas lensa telephoto ini.

Berdasarkan pengalaman dan review dari para profesional, lensa ini sangat bagus untuk dipakai memotret binatang maupun manusia dalam situasi di mana fotografer tidak bisa mendekati objek foto. Misalnya saja untuk keperluan street photography di mana fotografer ingin mengambil candid shots dari jarak yang cukup jauh atau saat ingin memotret seekor burung langsung di alam liar. Kita semua mengetahui bahwa jenis foto semacam itu memang sangat sulit dilakukan tanpa lensa yang berkualitas.

Performa Lensa Kamera Mirrorless Sony 55-210mm

Bisa dibilang lensa Sony 55-210mm ini bukan merupakan lensa kamera mirrorless Sony untuk profesional. Hal tersebut dapat dilihat dari ukuran aperture-nya yang sangat besar ketika zoomed in yakni 6.3. Ini berarti fotografer akan mendapat bokeh yang sedikit. Selain itu performansi ketika low light juga cukup lambat. Artinya, fotografer akan mendapatkan masalah jika ingin memotret objek di keadaan low light. Hal yang sama juga akan ditemui oleh fotografer yang terobsesi dengan bokeh.

Mengingat lensa kamera mirrorless Sony 55-210mm ini bukan merupakan lensa yang ditujukan untuk profesional maka jangan mengharapkan  hasil foto yang sangat tajam karena ketika digunakan lensa ini menghasilkan sedikit blur, terutama jika di-zoom in. Akan tetapi, biasanya hal tersebut hanya akan terlihat jika zoom in hingga maksimal sedangkan blur tidak akan terlihat ketika di-resize untuk keperluan upload.

Jadi jika ada orang yang secara teknis mengkritisi performa lensa kamera mirrorless Sony ini dengan mengatakan bahwa lensa telephoto ini tidak sempurna secara optical, bisa dikatakan bahwa mereka keliru. Dengan harga lensa yang tergolong murah, atau tepatnya hanya beberapa juta rupiah, tentunya tidak akan mampu menyaingi performa lensa yang harganya jauh lebih tinggi. Terlebih, jika produk maupun harga kamera mirrorless Sony yang digunakan terbilang mid-level atau kelas menengah.

Kesimpulannya, lensa kamera mirrorless Sony 55-210mm tergolong lensa yang bagus dan murah, terutama bagi non-professionals karena tidak berat, kualitas gambar yang dihasilkan juga lumayan bagus dan dapat menjangkau objek foto yang cukup jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *