4 Olahan Sehat Sebagai Camilan Balita 1 Tahun

Jenis olahan bubur atau masakan kuah merupakan salah satu camilan yang cocok untuk balita dengan usia 1 tahun, lebih sedikit atau kurang sedkit. Karena, jika camilan lain yang dipilih maka sistem pencernaan anak belum tentu bisa menerimanya. Anak di usia 1 tahun sangat membutuhkan nutrisi yang seimbang, namun banyak rasa yang masih asing untuknya sehingga mempengaruhi nafsu dan pola makan.

Pada tahap ini, orangtua harus menggarisbawahi satu nilai penting, yakni makanan yang enak tidak harus dibuat dari MSG. Selain itu, aneka olahan sayur, buah – buahan dan ikan dapat diolah menjadi menu makanan bergizi. Sehingga meskipun anak awalnya tidak terbiasa, namun rasa makanan akan menjadi dekat dengan anak dan bisa memenuhi kebutuhan gizinya.

  • Sup Tempe Sayuran

Contoh olahan bergizi pertama adalah sup  tempe sayuran. Bahan – bahannya meliputi wortel, kentang, dan kacang panjang serut, tempe dipotong dadu, kaldu ayam dan garam. Cara membuatnya? Cukup campur semua dan rebus sampai matang sambil diaduk rata. Sajikan dengan abon sapi.

  • Omelet Tahu

Resep kedua yaitu omelet tahu dengan bahan telur ayam kampung dikocok lepas, tahu yang dihaluskan, serta garam. Sama seperti resep masakan sebelumnya, cara membuat omelet tahu juga sangat mudah. Kocok telur hingga menyatu dengan tahu seluruhnya, lalu goreng dengan api sedang. Buat ukuran yang kecil – kecil saja agar anak tidak kesulitan mengunyah.

  • Sup Tahu Sayuran

Bahan – bahan untuk membuat su tahu sayuran antara lain dadu dipotong dadu, bumbu halus seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, air, kaldu ayam, serta telur ayam kampung. Cara membuatnya sangat sederhana. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan air dan kaldu ayam dan rebus sampai mendidih. Tambahkan bahan lainnya dan sajikan bersama bubur atau nasi lembut hangat.

  • Sayur Bayam dengan Ayam Suwar Suwir

Ayam merupakan salah satu jenis lauk yang banyak menjadi favorit anak – anak. Bahan sayur bayam yang satu ini kurang lebih sama dengan sayur bayam pada umumnya yakni bayam, jagung manis, wortel, dada ayam kampung, kaldu ayam kampung, air dan garam secukupnya. Cara membuatnya juga tidak rumit. Rebus air dengan kaldu dan dada ayam hingga mendidih. Saat ayam sudah empuk, cubit dan ambil bagian dagingnya dalam bentuk suwar suwir.

Masak lagi air kaldu yang tadi dengan berbagai jenis sayuran. Masukkan pula bumbunya. rebus sampai matang. Penyajiannya adalah dengan bubur hangat, dituangi kuah dan sayur, lalu diatasnya taburkan ayam suwar suwir.

Berbagai makanan yang sehat tersebut, tentu sangat cocok bagi pertumbuhan bayi Anda. Kendati demikian, tentu Anda membutuhkan berbagai variasi makanan yang enak dan menarik. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan resep lainnya. Anda bisa disini klik untuk mendapatkan berbagai resep praktis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *