5 Manfaat Manasik Umroh Bagi Para Calon Jamaah

Manasik umroh adalah panduan melakukan umroh yang umumnya diselenggarakan oleh KBIH. Pembimbing kegiatan ini dinamakan muttawif. Biasanya, biayanya juga sudah termasuk dalam tagihan keseluruhan dana sehingga calon jamaah tidak perlu membayar lagi. Jadi, dalam perjalanan umroh sekali rute manasik umroh dan mutawifnya sudah disediakan KBIH.

Pada umumnya, 2 sampai 3 pertemuan manasik umroh diadakan sebelum keberangkatan. Saat itu, jamaah membuat rencana keberangkatannya. Baru pada pertemuan ke-2 sampai 3 akan dilakukan rangkaian kegiatan manasik umroh. Berikut ini adalah 5 manfaat manasik umroh bagi para calon jamaah:

  • Bisa Memakai Ihram Secara Benar

Salah satu bagian dari manasik umroh adalah peragaan tata cara memakai pakaian ihram. Pakaian ihram pria terdiri dari 2 helai kain warna putih tanpa jahitan sedikitpun. Tidak diperkenankan juga menggunakan celana dalam. Bagi wanita, pakaian warna putih menutup aurat dan boleh berjahit.

  • Mengerti Hakikat Thawaf

Thawaf merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali dengan beberapa dia tertentu. Thawaf memiliki hakikat bahwa sebagai makhluk Allah semua orang wajib mengingat – Nya selalu. Bahkan diulang – ulang dengan bacaan dzikir.

  • Memahami Sejarah Sai

Sai adalah kegiatan berlari kecil bolak – balik dari Bukit Shafa dan Marwa. Sejarah Islam mengatakan bahwa Sai dilakukan untuk melihat bagaimana usaha seorang ibu yaitu Hajar dalam mencarikan air bagi putranya Nabi Ismail. Setelah berlari kecil dalam waktu yang lama, beliau akhirnya bisa mendapat pertolongan Allah.

Pertolongan Allah dijelaskan dalam Al – Qur’an bahwa Nabi Ismail menghentakkan kakinya lalu muncullah Mata Air Zam – Zam. Sampai saat ini, sumber tersebut tidak pernah kering dan bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini menjelaskan bahwa selama seseorang berusaha dengan keyakinan pada Allah maka pertolongan – Nya akan datang. Selain itu, pertolongan Allah juga bisa datang dari sumber yang tidak terduga.

  • Mendapat Informasi Tentang Mekah dan Madinah

Mekah dan Madinah adalah dua kota yang berbeda dengan wilayah manapun di Indonesia. Karena itu, banyak ilmu terkait cuaca, virus, kebudayaan dan fenomena alam disana yang harus dipelajari. Dengan mengikuti manasik, calon jamaah akan lebih siap menghadapi beberapa hal baru yang tidak ditemukan di Indonesia.

  • Mendalami Rasa Cinta Pada Agama Islam

Karena sudah diniatkan untuk mendekat pada Allah, maka Allah pun akan menyambut niat baik calon jamaah umroh dengan menciptakan rasa cinta yang mendalam pada agama. Jadi, seseorang yang hendak melaksanakan umroh akan lebih mantap dalam menjalani ibadah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *