Ini Dia 9 Manfaat Kesehatan Bermain Bulutangkis

Bulutangkis atau badminton adalah salah sebuah jenis olahraga yang amat popular di Indonesia. Olahraga ini menjadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu di televisi berkat prestasi membanggakan yang diperlihatkan oleh anak bangsa di tingkat internasional. Disamping itu, bulutangkis tergolong olahraga yang menyenangkan dan gampang untuk dimainkan, sejak anak-anak hingga lanjut usia. Bulutangkis menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan dimana saja dan murah. Lantas apa saja manfaat kesehatan bermain bulutangkis ini?

Baca Juga : 2 Resep Makanan Manis Legit dan Enak di Lidah

Berikut ini berbagai manfaat kesehatan bermain bulutangkis yang mungkin belum Anda kenali.

Menurunkan berat badan

Bulutangkis adalah olahraga yang amat  melelahkan dan nyaris seluruh otot-otot didalam tubuh digunakan ketika bermain bulutangkis. Bila Anda berolahraga bulutangkis dengan waktu yang maksimal, maka Anda pun akan mempunyai berat badan yang ideal sebagaimana para atlet bulutangkis.

Mempertahankan kebugaran dan membentuk otot

Tiap-tiap tembakan dalam bulutangkis, baik drop atau smash, amat membantu dalam pembentukan otot-otot didalam tubuh Anda. Alhasil, bila Anda ingin menghilangkan seluruh timbunan lemak di seputar pinggang cukup setengah jam bermain bulutangkis yang dilakukan tiap-tiap hari. Olahraga ini baik sekali untuk membentuk otot-otot di paha belakang, paha depan, pantat, dan betis jika dilakukan secara rutin.

Menaikkan metabolisme tubuh

Bulutangkis menolong dalam menaikkan fungsi kardio paru-paru. Hal ini menjadikan tubuh Anda mempunyai kebiasaan mengeluarkan keringat dengan cara alami. Racun pun akan keluar dari tubuh lewat keringat membuat Anda merasa segar dan ringan menandakan metabolisme berlangsung dengan baik.

Meningkatkan produktivitas, intelegensi, dan gerak refleks

Rutin bermain bulutangkis bikin Anda lebih teliti dan mempermudah konsentrasi dan fokus, khususnya aktivitas yang memerlukan kecekatan tangan. Olahraga ini pun menjadikan Anda kuat dengan stres fisik dan lebih cekatan.

Memaksimalkan peran jantung

Bulutangkis memiliki manfaat dalam menguatkan otot-otot jantung. Banyak orang yang bermasalah dengan jantung disarankan untuk berolahraga bulu tangkis sesuai anjuran dokter.

Memperkuat tulang dan membantu pertumbuhan tulang

Berolahraga bulutangkis menunjang dalam pertumbuhan sel-sel yang membuat tulang dan menunjang menguatkan penampilan fisik secara menyeluruh.

Menurunkan risiko terkena kencing manis (diabetes)

Bermain bulutangkis selama 1 jam cukup untuk mengurangi kadar gula darah. Olahraga inipun memiliki manfaat menurunkan produksi keseluruhan gula oleh hati yang menyebabkan Anda lebih peka dengan penyakit.

Menurunkan efek hipertensi tanpa obat-obatan

Bermain bulutangkis dapat mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi) dan membuat bahan kimia yang mengusir sifat kecanduan obat.

Mendongkrak fungsi paru-paru

Bulutangkis dapat menambah fungsi paru-paru yang relatif berarti dan menolong dalam menurunkan ketergantungan pada obat yang umumnya dipakai untuk menangani dengkuran waktu tidur. Dengan bulutangkis, sistem pernapasan menjadi semakin sehat dan tarikan napas pun menjadi semakin enteng.

Artikel Terpopuler : 6 Manfaat Cerita Dongeng Bagi Anak dan Orangtua

Nah, itulah beragam manfaat kesehatan bermain bulutangkis. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak bermain bulutangkis sebab Anda sendiri  akan merasakan manfaatnya yang dahsyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *