Penyebab Kelaparan dan Gizi Buruk di Somalia

Siapapun tentu akan sangat berat hati untuk meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke wilayah baru yang asing baginya. Bertemu dengan orang-orang baru, berjuang untuk mempertahankan hidup, atau bahkan harus menempuh perjalanan panjang nan melelahkan. Perjalanan ini membutuhkan waktu berhari-hari, sebab dilakukan dengan berjalan kaki saja. Inilah yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Somalia yang wilayahnya sedang dilanda kelaparan hebat, mereka melakukan eksodus besar-besaran ke beberapa wilayah di sekitarnya, untuk menyambung hidup mereka yang kelaparan. Tentu menjadi sebuah pemandangan yang sangat menyedihkan, ketika ribuan orang bepergian meninggalakan kehidupan mereka yang lalu, untuk sekedar bisa menghilangkan lapar dan dahaga mereka yang telah berkepanjangan.

Gizi buruk Somalia menjadi sebuah gambaran nyata, bagaimana kondisi alam bisa saja memburuk dan tak lagi ramah bagi kehidupan manusia. Kemarau yang panjang telah membuat seluruh wilayah di sana menjadi kering kerontang, sehingga telah menimbulkan banyak sekali kematian. Bukan hanya tanaman dan hewan ternak saja, namun ratusan ribu manusia juga ikut merasakannya. Apa lagi yang lebih buruk daripada kematian yang disebabkan oleh kelaparan?

Selama bertahun-tahun wilayah ini seolah tidak membaik, sehingga menimbulkan masalah kelaparan yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Wabah penyakit yang menyerang penduduk di sana juga menjadi sebuah masalah serius lainnya, sebab sejumlah wabah ini dengan mudah telah merenggut banyak nyawa, terutama anak-anak yang memang begitu rentan terhadap serangan penyakit. Setelah busung lapar, kolera menjadi penyakit lainnya yang sangat mematikan di wilayah kelaparan seperti Somalia. Ribuan nyawa melayang akibat penyakit yang satu ini, dan jumlah ini masih saja bertambah dari waktu ke waktu.

Dunia internasional mengetahui masalah ini sejak lama, namun sejumlah tindakan pencegahan yang gagal dilakukan sejak awal telah membuat masalah kelaparan Somalia semakin memburuk dari tahun ke tahun. Bukan hanya itu saja, beragam konflik yang terjadi di wilayah ini juga menjadi masalah tersendiri yang sulit dikendalikan hingga saat ini. Patut disayangkan, di saat jutaan warga Somalia sedang berjuang untuk mempertahankan kehidupan mereka, bersamaan dengan itu sejumlah konflik juga memerangi hidup mereka dari sisi lainnya. Jika terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin masalah ini akan semakin memburuk dan menelan lebih banyak lagi korban jiwa dari sebelumnya.

Somalia membutuhkan perhatian dari dunia luar, mereka membutuhkan bantuan untuk bisa ke luar dari masalah kelaparan yang mereka hadapi ini. Hal inilah yang sedang coba diserukan oleh badan kemanusiaan seperti ACT. Untuk ikut serta berpartisipasi, silahkan bergabung menjadi relawan, atau donasikan bantuan langsung bagi saudara-saudara kita di Somalia melalui wadah yang satu ini. Jika kita ikut berperan serta, maka masalah ini akan segera bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *