Rumah Minimalis Garasi Basement

Rumah minimalis garasi basement – ditilik dari peta topografi, Indonesia memiliki kontur tanah yang bergelombang. Beberapa daerah memiliki kontur tanah yang tinggi menyerupai bukit, sebagian daerah lainnya memiliki kontur tanah yang menjorok ke dalam.

Kontur yang bergelombang tersebut menyebabkan perlakuan yang berbeda antar bangunan. Misal, untuk rumah dijual dengan kontur tanah yang lebih tinggi dibandingkan muka jalan, biasanya dilakukan penggalian terlebih dahulu.

Penggalian dilakukan sampai didapatkan level tanah yang tidak terpaut jauh, antara muka jalan dan lantai rumah. Sehingga, menghasilkan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Sementara, untuk tanah dengan kontur lebih rendah dari muka jalan, biasanya dilakukan pengurukan sampai dicapai level dengan ketinggian tertentu. Cara ini cenderung lebih boros karena membutuhkan banyak material tanah urug.

Cara lain untuk menyiasati level tanah yang lebih rendah dari muka jalan adalah dengan menjadikannya sebagai basement. Saat ini, rumah minimalis garasi basement banyak dilirik masyarakat.

Kelebihan garasi basement pada rumah minimalis adalah membuat space rumah menjadi lebih luas. Tampilan rumah juga terlihat lebih estetik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan penghematan anggaran karena tidak perlu membeli material tanah urug.

Dalam membangun garasi, Anda harus mengukur dimensi mobil dan jarak atas roda mobil. Selain berguna untuk merencanakan tinggi basement, juga berguna untuk menentukan kemiringan lantai basement.

Faktor di atas adalah satu dari beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam membangun garasi basement.

Tips membangun garasi basement pada rumah minimalis:

  • Perhatikan ketinggian muka air tanah

Jika muka air tanah tergolong tinggi, sediakan pompa untuk mengeluarkan air tanah. Agar tidak menggenang dan mengganggu pekerjaan.

  • Perhatikan kekokohan konstruksi dinding basement

Dinding basement tidak hanya berfungsi sebagai pembatas saja, tetapi juga menopang bangunan di atasnya. Selain itu, dinding basement juga menahan desakan tanah dan rembesan air.

  • Perhatikan pemilihan material yang digunakan

Karena lokasinya di bawah muka tanah dan sedikit sulit ditembus cahaya matahari, dinding basement menjadi rawan jamur dan lembab. Untuk menghindarinya, gunakan cat dengan perlindungan khusus terhadap jamur (water proof).

Baca Juga : 4 Fasilitas Terbaik Apartemen Gangnam District Bekasi Bakal Buat Hidup Lebih Baik

Beragam kelebihan ditawarkan oleh konstruksi basement pada rumah minimalis. Jadi, tertarik mendirikan rumah minimalis garasi basement?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *