5 Fakta Tentang Negara Suriname

Banyak orang yang beranggapan bahwa suriname itu terletak di benua afrika, bahkan tak sedikit juga orang yang tak tahu sama sekali. Suriname adalah sebuah negara kecil yang terletak di benua amerika selatan bagian utara dengan populasi sekitar 490.000 jiwa. Nama negara suriname berasal dari nama suku yang pertama bermukim yakni surine india. Kemudian di abad ke 16 penduduk surine india tergerus oleh suku indian amerika selatan. Selain itu suriname juga adalah bekas jajahan 3 negara yakni spanyol ditahun 1953, belanda 1602, dan inggris pada tahun 1667. Tanpa banyak basa basi, disini akan saya sampaikan 5 fakta tentang negara suriname.

Baca Juga : Penyebab Kelaparan dan Gizi Buruk di Somalia

1. Banyak Orang Jawa
Belanda membawa sekitar 75.000 Romusa (pekerja paksa) dari jawa, untuk menggarap tanah tanah yang ada di suriname. Sampai saat ini orang jawa disuriname menjadi suku imigran terbesar ke2 setelah imigran dari india.
2. Bahasa Resmi Adalah Belanda
Suriname adalah satu satunya negara yang bahasa resminya adalah bahasa belanda. Selain itu suriname juga menggunakan banyak bahasa seperti sranang tongo, hindustani, jawa, dan masih banyak lagi.
3. Sistem Pemerintahan
Saking banyaknya orang jawa di suriname, sistem pemerintahannya pun mengadopsi sistem pemerintahan indonesia. Mengusung sistem demokrasi dan membagi 10 distrik administratif.
4. Sepakbola Paling Populer
Sama hal nya indonesia, olahraga yang paling populer di suriname adalah sepakbola. Hal ini dikarenakan banyak pemain sepakbola kelas dunia dari keturunan belanda-suriname seperti Ruud gullit, Frank rijkaard, Edgar davids, dan Nigel de jong.

Artikel Populer : 6 Manfaat Cerita Dongeng Bagi Anak dan Orangtua

5. Iklim di Suriname
Negara ini memiliki iklim tropis yang panas dan lembab, hal ini dikarenakan suriname dekat dengan garis khatulistiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *