Tips Membangun Kolam Renang di Rumah Pribadi Anda

Renang adalah aktifitas harian yang bisa menyehatkan sekaligus menyegarkan tubuh. Disamping itu, jenis olahraga ini bisa dijadikan hobi untuk mengatasi persoalan diet dan pembentuk tubuh ideal. Demi alasan kenyamanan dan menjaga privasi, banyak orang yang memilih untuk membangun kolam renang di rumah pribadi. Selain masalah privasi, mempunyai kolam renang di rumah sendiri juga memiliki manfaat berupa kebersihan kolam yang terkontrol. Anda bisa bayangkan berapa banyak orang yang menggunakan fasilitas kolam renang di tempat umum. Dengan memilikinya di rumah, Anda bisa berenang sepuasnya tanpa takut terkontaminasi keringat dari tubuh orang lain.

Manfaat lain mempunyai kolam renang di rumah adalah turut membantu kebersihan sirkulasi udara. Anda hanya cukup menambahkan beberapa tanaman pendukung agar suasana di sekitar kolam terasa lebih sejuk dan segar. Anda bisa mengatur pemandangan lanskap kolam sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Rumah Dijual di Depok Kelapa Dua

Bagi Anda yang tertarik untuk membangun kolam renang di rumah, hendaknya perlu memperhatikan beberapa faktor. Seperti dilansir dari laman simplepooltips.com, simak tipsnya di bawah ini:

  1. Tentukan tipenya

Sebelum Anda membangun kolam renang di rumah Anda sendiri, Anda harus menentukan tipe kolam apa yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti misalnya kolam renang indoor atau outdoor, khusus dewasa atau bisa dipakai anak-anak, dan lain sebagainya.

Memilih kolam renang indoor memang memiliki konsekuensi berupa biayanya yang lebih mahal. Kolam renang di dalam ruangan juga membutuhkan space yang lebih luas. Tetapi kelebihannya, Anda tidak perlu khawatir dalam hal cuaca. Anda juga bisa berenang baik siang maupun malam hari.

Sebaliknya, kolam renang outdoor punya kecenderungan yang lebih mudah dan murah untuk dibangun. Banyak referensi kolam outdoor di Indonesia yang bisa Anda lihat di berbagai media cetak maupun elektronik.

  1. Tentukan rancangan desainnya

Setelah menemukan tipe yang sesuai dengan keinginan, saatnya Anda memikirkan konsep rancangan desain kolamnya. Biaya yang Anda keluarkan nantinya akan sangat bergantung pada ukuran dan luas kolam yang Anda bangun. Semakin luas kolam tersebut, tentu biaya konstruksi maupun perawatannya juga akan semakin mahal.

Tentukan juga bentuk kolam yang ingin Anda miliki, entah itu berbentuk persegi panjang, persegi, atau semi oval. Bentuk kola mini tidak bisa sembarangan Anda pilih. Perlu hitung-hitungan secara cermat untuk memastikan apakah bentuk desain kolam tersebut sesuai dengan dimensi geometris.

  1. Pilihlah material kolam sesuai konsep

List material yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang cukup rumit untuk dipetakan sendiri. Anda perlu memperhitungkan sistem filtrasi air kolam, komponen alat pompa, sampai ke bahan material yang cocok dengan tipe kolam renang Anda. Sebaiknya, mulailah untuk mengkonsultasikan kolam yang Anda inginkan pada jasa pembuat kolam renang.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, membuat kolam renang di rumah adalah konstruksi yang tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Tetapi itu bukan halangan untuk memiliki kolam renang pribadi. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan kolam renang agar memudahkan semua hal yang berkaitan dengan pembangunan kolam. Dengan memilih jasa yang profesional, memiliki kolam renang idaman tidak lagi hanya sebuah angan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *