Cara Merawat Mebel Jati Agar Awet

Mebel berbahan kayu jati memang banyak digemari. Ya, mebel  dengan bahan dasar kayu khas Indonesia ini ternyata memiliki nilai seni yang tinggi bagi penikmatnya. Di Indonesia, kota Jepara menjadi andalan bagi pelancong yang gemar dengan mebel atau furniture berbahan dasar kayu jati. Dengan kualitas yang memuaskan dan desain mengagumkan, tidak heran jika mebel Jepara ini dihargai sangat tinggi. Harga tersebut sebanding dengan kualitas jati yang semakin lama justru semakin bernilai. Perawatan mebel dengan bahan kayu jati memang gampang-gampang susah. Namun demikian bagi anda yang hobi mengoleksi furniture jati, berikut akan diuraikan singkat mengenai perawatan mebel berbahan kayu jati untuk anda. Yuk disimak!

Baca Juga : Keuntungan memiliki unit apartemen di Jakarta Sebagai Investasi

  • Perhatikan Suhu Udara

Meletakkan mebel jati tidak seperti jenis kayu lainnya yang mampu bertahan dalam suhu apapun. Demi kualitas yang tetap dipertahankan pada mebel jati anda, maka anda harus senantiasa memperhatikan posisi mebel jati anda di dalam rumah. Usahakan meletakkan mebel jati di suhu normal ruangan atau diluar rumah yang tidak terkena sinar matahari. Jauhkan mebel dari lantai atau dinding yang lembab. Hal tersebut dapat membuat mebel jati anda memudar warnanya dan kusam bahkan retak halus.

  • Rutin Membersihkan

Sebagai pemilik mebel jati anda harus siap untuk memastikan bahwa permukaan mebel anda tetap dalam keadaan kering dan bersih. Membersihkannya dari debu dapat dilakukan dengan bahan air bersih, yang diusapkan pada permukaan jati. Gunakan lap bersih dengan serat yang halus untuk mengusap mebel hingga kering sempurna. Setelah kering anda dapat menaburkan sedikit tepung kanji agar permukaan mebel selalu halus dan mengkilap.

  • Poles Berjangka

Mempertahankan warna pada furnitur memang tidak mudah begitu pula dengan furnitur jati. Anda dapat memolesnya dengan menggunakan cat semprot atau minyak jati yang dijual di toko furnitur. Perlu diperhatikan bahwa memoles permukaan jati dengan cat atau minyak harus dilakukan dengan keahlian. Oleh sebab itu disarankan untuk menyewa tenaga ahli untuk melakukan hal tersebut, budget setiap dua atau tiga tahun sekali juga perlu anda siapkan ya!

  • Manfaatkan Bahan Alami Disekitar

Berbagai bahan alami yang ada disekitar anda dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda pada mebel jati anda. Diantaranya adalah, minyak kemiri untuk mengkilapkan permukaan jati,air teh basi untuk membersihkan mebel, semir sepatu untuk mengkilapkan mebel. Ketiga bahan alami tersebut dapat digunakan hanya dengan dioleskan pada mebel jati untuk menjaga kualitas kayu jati itu sendiri.

Artikel Populer : Tips Membangun Kolam Renang di Rumah Pribadi Anda

Dengan melakukan perawatan dan pembersihan dengan benar maka mebel kayu jati anda akan terlihat lebih bernilai dan awet hingga bertahun-tahun ke depan. Demikian artikel informatif mengenai cara merawat mebel jati agar awet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *