Kelebihan TV LCD Jika Dibandingkan dengan TV OLED

Tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa TV OLED memiliki teknologi yang lebih canggih jika dibandingkan dengan TV LCD. Jadi mungkin kaget bahwa ternyata TV LCD memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan TV OLED. Kelebihan pertama tentu saja harga TV LCD murah jika dibandingkan dengan TV OLED. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa kelebihan lain, atau bahkan komponen yang ternyata TV LCD sebanding atau tak kalah dibandingkan dengan TV OLED. Apakah saja komponen tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

Resolusi

Dari segi resolusi, baik TV LCD maupun TV OLED memiliki posisi yang imbang. Keduanya tersedia dalam bentuk Ultra HD 4K. Selain itu juga ada banyak LCD dengan resolusi 1080 p. Beberapa OLED yang lebih lama juga 1080 p, tetapi model  yang baru semua 4K.

High Dynamic Range (HDR)

HDR merupakan salah satu teknologi terkini yang secara signifikan meningkatkan kualitas gambar. Ini merupakan perluasan dari rasio kontras, suatu peningkatan pada kecerahan dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari teknologi HDR, baik TV LCD maupun TV OLED pun memiliki nilai yang imbang, keduanya kompatibel dengan HDR. HDR terbaik dari LCD dapat menghasilkan sorotan yang lebih cerah jika dibandingkan dengan OLED. Tetapi OLED masih memiliki rasio kontras keseluruhan yang lebih baik berkat black level yang lebih baik. Sehingga keduanya bisa dibilang bagus.

Konsumsi Energi

Konsumsi energi TV OLED langsung terkait dengan kecerahan layar. Semakin cerah layar, maka semakin besar daya yang diambil. Hal ini bahkan bervariasi sesuai konten. Film dengan nansa gelap membutuhkan daya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan game hoki atau kompetisi ski yang banyak menampilkan warna putih cerah.

Sementara konsumsi energi pada LCD hanya bervariasi tergantung dari pengaturan pencahayaan latar. Semakin rendah pencahayaan latar maka semakin rendah konsumsi daya. LCD LED dasar dengan pengaturan pencahayaan latar rendah akan menarik daya lebih kecil jika dibandingkan dengan OLED.

Satu-satunya cara untuk membuat TV OLED lebih efisien terhadap energi adalah dengan mengurangi kecerahan layar. Tetapi hal ini juga akan mengurangi rasio kontras, sehingga tidak ideal. Jadi pada kategori ini TV LCD menjagi pemenangnya, walau keduanya tak begitu menggunakan banyak daya.

Masa Pakai

LG mengatakan bahwa TV OLED baru mereka memiliki masa pakai 100 ribu jam, angka ini mirip dengan LCD LED. Jika Anda memang orang yang selalu khawatir mengenai masa pakai TV, maka LCD merupakan satu-satunya pilihan. Perlu diingat bahwa tak ada garansi mengenai ini. Namun layar datar memang sangat handal.

Ukuran Layar

TV LCD tersedia dalam berbagai ukuran, mulai kurang dari 20 inci hingga lebih dari 100 inci. Sementara TV OLED hanya tersedia dalam tiga pilihan ukuran layar, yaitu 55 inci, 65 inci dan 77 inci. Dan harga TV OLED ukuran besar pun begitu mahal. Sehingga TV LCD merupakan pemenang kategori ini.

Harga

Seperti telah disinggung di awal, harga TV LCD jauh lebih murah jika dibandingkan dengan TV OLED. Mungkin seiring berjalannya waktu TV OLED akan semakin murah. Toh LG telah beberapa kali menurunkan harga TV OLED dengan selisih cukup besar. Namun perlu dipertimbangkan juga bahwa TV LCD jajaran atas memiliki harga yang mirip dengan TV OLED. Sehingga TV LCD memang masih menjadi pemenang kategori ini.

Nah, tentu dengan melihat beberapa kelebihan TV LCD ini, Anda tak sabar untuk segera mencari toko yang jual TV LCD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *