7 Tips Bijak Kredit HP Online

Persaingan pasar handphone (HP) membuat masyarakat dituntut untuk memiliki alat komunikasi yang canggih. Mereka hadir dengan fitur-fitur yang dibutuhkan masyarakat. Tentu harga yang ditawarkan beragam. Sampai muncul istilah: “Ada harga, ada kualitas”, ini seolah menjadi patokan bahwa barang yang bagus tentu harganya mahal.

Anda tidak perlu lagi bimbang masalah harga, kini membeli HP pun dapat dilakukan dengan kredit. Bahkan kredit pun bisa dilakukan secara online. Ada beberapa situs jual-beli online yang menyediakan pembayaran secara kredit. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya secara kredit, Anda harus perhatikan 7 tips bijak kredit HP online berikut ini.

  • Sesuaikan Pendapatan dengan HP Incaran

Jangan sampai terjadi besar pasak dari pada tiang. Ini tentu akan menyulitkan diri Anda sendiri. Bergaya memang perlu, tapi bergayalah sesuai dengan pemasukan Anda. Jangan sampai gaji yang Anda miliki hanya habis untuk mengkredit HP incaran. Harus cukup untuk kebutuhan sehari-hari, menabung, dan tentunya untuk kredit HP.

  • Cari Tahu Spesifikasi HP Incaran

Sebelum memutuskan untuk mengkredit HP, Anda perlu cari tahu dulu spesifikasinya. Jangan asal mengincar HP berdasarkan ‘katanya’, tentu harus sesuai fakta. HP incaran harus seuai dengan kebutuhan Anda dan jangan sampai menyesal saat sudah melakukan transaksi.

  • Pelajari Syarat dan Ketentuan Kredit

Setiap situs jual-beli online memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Anda harus benar-benar mempelajari kebijakan dari si pemberi kredit. Pelajari syarat dan ketentuannya, juga denda yang ditentukan. Semua harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk kredit.

  • Pilih Situs Jual-Beli online terpercaya

Anda harus jadi pembeli yang cerdas. Carilah situs jual-beli online terpercaya. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang telah berpengalaman melakukan transaksi secara kredit di situs tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengeceknya secara langsung dengan melihat feedback dan rating penjualan barang di situs tersebut.

  • Pastikan HP Incaran Bisa Dicicil dengan Bank yang Anda Gunakan

Sedikit repot di awal memang, tapi ini demi kelancaran di kemudian hari. Ada beberapa Bank yang tidak menjalin kerja sama dengan situs jual-beli online. Oleh karena itu, Anda harus memastikan apakah HP incaran bisa dicicil dengan Bank yang Anda gunakan saat ini.

  • Pilih Jangka Waktu dan Biaya Cicilan yang Pas

Keuangan yang Anda miliki tentu tidak selamanya stabil. Anda harus mempertimbangkan kondisi keuangan dengan jangka waktu dan biaya cicilan kredit HP. Perlu perhitungan yang matang untuk memutuskan jangka waktu dan biaya cicilan yang pas, agar tidak kesulitan di kemudian hari.  Bila anda butuh dana talangan untuk membayar cicilan, anda bisa meminjamnya dahulu kepada penyedia layanan pinjaman online terpercaya.

  • Tanyakan Langsung Kepada Custemer Service (CS) untuk Hal yang Belum Jelas

Urusan kredit online tentu melibatkan banyak pihak. Pihak situs jual-beli online dan pihak Bank. Anda tidak perlu sungkan untuk menanyakan hal yang dirasa belum jelas kepada kedua pihak tersebut. Anda juga bisa menanyakan kepada CS Bank masalah keuntungan jika menggunakan kartu kredit Bank tersebut untuk menyicil HP. Biasanya ada Bank yang memberikan bonus kepada penggunanya.

Membeli HP secara kredit tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu Anda harus bijak dalam mengambil keputusan. Kredit HP online tentu memberi kemudahan dalam hal transaksi. Jika semua sudah dirasa cocok, maka mulailah memilih HP incaranmu di situs-jual beli online terpercaya. Selamat memilih dan bayar angsuran sesuai ketentuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *