Akuisisi – Akuisisi Perusahaan Surel yang Pernah Dilakukan oleh Gmail

Google, sebagai salah satu perusahaan raksasa teknologi, menurut kumparan bisa menjadi besar seperti sekarang salah satunya dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang menurut teori dari Larry Page; salah seorang pendiri mereka telah lulus ‘toothbrush test’.

Toothbrush test adalah prinsip di mana produk yang bersangkutan bisa bermanfaat setidaknya dua kali sehari dan mampu meningkatkan kualitas hidup pengguna produk tersebut.

Gmail adalah salah satu produk Google yang banyak digunakan di dunia.Bulan Februari 2016, Gmail resmi masuk anggota klub milyarder di antara produk-produk Google lainnya, menyusul Google Search, Chrome, Android, Google Maps, YouTube, dan Google Play yang mempunyai 1 milyar pengguna aktif per bulan.

Untuk bisa mencapai angka 1 milyar pengguna aktif bulanan (MAU), Gmail melakukan akuisisi atau pembelian dari perusahaan lain yang lebih kecil untuk semakin meningkatkan kualitas layanannya.

Apa saja perusahaan yang tercatat pernah dibeli oleh Google, atau lebih tepatnya Alphabet; sang induk perusahaan untuk membuat Gmail semakin bagus?

Simak ulasan berikut ini.

3. reMail

reMail awalnya adalah aplikasi di iPhone yang sempat diinkubasi oleh yCombinator.

Aplikasi ini berhasil menemukan teknologi penyimpanan surel ke ponsel kita berkat daya kompresinya yang sanggup memperkecil 100.000 pesan ke dalam file buerukuran 500 megabytes.

Dengan penyimpanan ini, kita lebih mudah mencari pesan tertentu dibandingkan aplikasi bawaan iPhone.

Pembelian ini membuat reMail menutup layanan mereka, dan Gabor Cselle; CEO reMail bergabung kembali dengan Google. Cselle pernah bekerja di Google tahun 2004 dan 2006 hingga 2007 sebelum keluar dan membuat perusahaan sendiri.

Setelah akuisis reMail pada Februari 2010, Cselle menjadi manajer produk Gmail selama dua tahun kemudian pindah Android dengan posisi yang sama.

Berapa uang yang dikeluarkan Google untuk membeli reMail tidak pernah diungkapkan ke publik sampai sekarang.

2.Postini

Postini dapat dikatakan pembelian Gmail yang paling awal, dilakukan pada bulan Juli 2007.. Layanan Postini berfungsi untuk menyaring spam dan mengarsipkan surel-surel yang ada.

Sebelum dibeli oleh Google dengan harga 625 juta dolar, setiap minggunya Postini memproses 2,5 milyar surel yang berasal dari korespondensi 4200 perusahaan-perusahaan klien mereka.

Postini akhirnya ditutup oleh Google karena mereka ingin mengintegrasikan semua keunggulan Postini ke dalam Google Apps. Pemberitahuan terkait dihentikannya pengembangan Postini keluar di blog Google bulan Agustus 2012.

3.Sparrow

Sparrow adalah perusahaan asal Perancis yang dibeli oleh Google pada bulan Juli 2012.

Sebelum dibeli Google, Sparrow adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk aplikasi surel di iOS dan OS X. Karena pembelian ini, tim Sparrow yang bermarkas di Perancis yang berjumlah lima orang termasuk CEO mereka, Dom Leca pindah domisili ke California.

Sparrow banyak disukai oleh pengguna Mac dan iPhone karena tampilannya yang sedap dipandang.

Tahun 2015 seiring rencana Google untuk memperkenalkan aplikasi surel mereka yang baru yaitu Inbox, aplikasi Sparrow ditarik dari App Store dan Mac Store.

Google membeli Sparrow dengan harga 25 juta dolar.

Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *