Jaga Imunitas Tubuh dengan Vitamin Berikut

Terlalu lama duduk di kursi kerja sambil menatap layar komputer tanpa istirahat sejenak dapat membuat imunitas tubuh menjadi menurun. Imunitas turun akan menyebabkan penyakit mudah sekali datang menghampiri.

Untuk itu, konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi sangat penting demi menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Tubuh yang fit tentu akan membuat Anda lebih produktif. Sistem imun tubuh haruslah dioptimalkan dengan cara memanfaatkan beragam vitamin yang tersebar di berbagai bahan makanan. Semua vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. Ingin tahu apa saja fungsinya?

Vitamin A

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jaringan mata, vitamin A juga mampu melindungi kesehatan rongga hidung, melancarkan peredaran darah, melancarkan fungsi reproduksi, meningkatkan kesehatan janin, dan menjaga kekebalan tubuh dari virus, bakteri, dan kuman. Vitamin A terdapat pada wortel, hati sapi, dan ubi jalar.

Vitamin B

Vitamin B memiliki fungsi penting dalam memproduksi energi dan mengelola tingkat stres. Selain itu, vitamin B juga dapat memelihara sistem saraf, pencernaan, kardiovaskular, dan sistem imun tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti kentang, kacang panjang, bayam, dan salmon.

Vitamin C

Vitamin C terkenal dalam menjaga tingkat kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Vitamin ini juga berfungsi untuk menjaga gusi agar tetap sehat dan juga membantu dalam penyembuhan luka. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan kadar tinggi pada kale, kiwi, paprika, dan kubis.

Vitamin D

Salah satu vitamin yang memiliki peran dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah vitamin D. Di dalam vitamin D terdapat molekul aktif yang disebut kalsitriol. Kalsitriol inilah yang berfungsi sebagai immuno modulator yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin D juga dapat mencegah kanker payudara, penyakit tulang, dan juga meremajakan kulit. Vitamin D terdapat pada tuna, salmon, dan susu kedelai.

Vitamin E

Fungsi utamanya memang dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, namun ternyata vitamin E juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan ini memiliki peran penting dalam melawan penyakit dan menjaga sirkulasi sel darag putih dari kerusakan. Vitamin E bisa didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian mentah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *