Baca Ini Sebelum Anda Membeli Mobil Innova Bekas

Kebutuhan akan kepemilikan sendiri kendaraan bermotor terutama mobil memang seolah-olah telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Namun karena keterbatasan keuangan tidak semua bisa dengan mudah memiliki kendaraan baru, sehingga keberadaan mobil-mobil bekas saat ini menjadi sebuah alternatif untuk dapat memiliki mobil idaman dengan harga yang lebih miring.  Bila Anda membutuhkan kendaraan sekelas MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang berukuran kabin luas dibalut dengan design yang cantik serta penuh dengan fitur yang menawan, mungkin pilihan Anda akan mengkerucut kepada mobil Innova bekas.

Membeli sebuah mobil bekas memang harus memenuhi banyak pertimbangan yang matang. Ketidaktahuan Anda terhadap bagaimana kebiasaan mobil tersebut digunakan oleh pemilik terdahulunya menjadikan Anda harus ekstra hati-hati dan cermat saat memilih dan memutuskan akan membeli sebuah mobil bekas. Terlebih apabila Anda ingin membeli mobil Innova bekas yang bermesin diesel.

Memang dari segi biaya penggunaan bahan bakar, mesin diesel didaulat lebih irit bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin. Namun, ketelodaran dalam merawat kondisi mesin akan menyebabkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan harga spare part dan ongkos pengerjaan service untuk mesin deisel jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum Anda membeli mobil Innova bekas bermesin diesel incaran Anda, pastikan bahwa Kijang Innova bekas yang akan Anda beli mempunyai track record yang lengkap di bengkel resmi Toyota.  Pastikan service recordnya selalu terekam dengan baik, dan seluruh perbaikan yang pernah dilakukan selalu ter-record.

Selain itu perlu juga menanyakan pula riwayat perbaikan atau pergantian komponen mesin kepada pemilik yang lama. Dari hasil investigasi dengan pemilik lama terkadang Anda akan menemukan beberapa petunjuk apakah kijang innova bekas yang telah Anda incar ini dirawat dengan baik atau tidak. Contoh sederhananya adalah dengan mencari informasi untuk tahu seberapa sering pemilik lama mengganti filter solar.

Jika terlalu sering, bisa diindikasikan kalau tandanya mobil tersebut sering menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas rendah. Anda wajib mewaspadai hal tersebut. Untuk memastikannya lagi, Anda bisa coba putar kontak ke arah “on” dan perhatikan dengan seksama apakah lampu indikator penggantian filter terus menyala atau tidak. Bila ternyata terus menyala, lebih baik urungkan niat Anda untuk membeli mobil Kijang Innova bekas tersebut.

Ketelitian dalam membaca buku perawatan kendaraan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam menemukan mobil bekas yang masih berkondisi baik. Ada baiknya pula Anda periksa apakah pemilik sebelumnya teratur dalam mengganti oli mesin. Oli mesin dalam sebuah mesin diesel tidak hanya berfungsi untuk melumasi komponen turbo, namun juga turbo. Jika turbo telah mengalami kerusakan, harga yang harus Anda bayar untuk perbaikan 1 unitnya cukup mencengangkan.

Harga unit turbo mencapai lebih dari Rp 30 jutaan. Untuk mengecek kondisi turbo, Anda bisa menyalakan mesin dan dengarkan suara dengan seksama yang dikeluarkan oleh peranti turbo saat gas diinjak lembut. Jika ada suara-suara yang terdengar aneh, sudah barang tentu Anda lebih baik mengurungkan niat dan tidak jadi membelinya. Terlebih jika Anda menemukan adanya jejak rembesan oli, baik di bodi turbo maupun mesin. Lebih baik Anda lupakan niat Anda untuk membeli Kijang Innova bekas tersebut.

Bagian lain yang perlu dicermati dari sebuah mobil bertipe MPV adalah sektor kaki-kaki. Mengingat Kijang Innova memliki postur bodi yang besar dengan ground clearance yang tinggi, design ini cenderung membuat pengemudi tenang-tenang saja saat melintasi jalanan rusak karena kaki-kaki mampu menahan getaran dengan baik. Oleh karena itu ada baiknya untuk memeriksa kesehatan kaki-kaki mobil incaran Anda meskipun usia mobil belum terlalu tua.

Dan apabila Anda mengenal secara personal sang pemilik mobil terdahulu, ada baiknya Anda kenali juga cara pemilik terdahulu dalam berkendara. Bila sang pemilik lama cenderung ugal-ugalan dalam berkendara, mungkin ada baiknya Anda sedikit lebih teliti dalam memeriksa kesehatan kaki-kaki Kijang Innova bekas incaran Anda. Selamat berburu mobil innova bekas idaman Anda, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *