4 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Wanita Yang Sedang Menyusui

8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanita, Bakar Lemak Tidur Nyenyak!

Seperti yang sudah diketahui bahwa yoga merupakan jenis olahraga yang sangat dianjurkan bagi anda yang ingin menenangkan diri sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena yoga ini merupakan sesuatu yang bisa membawa jiwa dan raga ini kembali menuju kenyataan. Yoga juga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik pernapasan, peregangan, kelenturan tubuh, dan keseimbangan guna mencapai keselarasan dan harmoni antara mental, jiwa, emosi, tubuh, dan spiritualitas. Selain itu yoga juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil yang seringkali mengalami perubahan, baik itu pada fisiknya maupun pada moodnya yang sering mengalami naik turun. Yoga juga bukan hanya direkomendasikan bagi ibu hamil saja, namun manfaat yoga untuk kesehatan wanita yang sedang menyusui juga sangat banyak. Karena seorang wanita yang baru saja melahirkan bayinya biasanya akan mengalami berbagai masalah seperti ASI yang kurang lancar, kelelahan mengurus bayi, atau bahkan sampai stres. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, bisa dilakukan dengan cara senam yoga. Karena yoga ini selain bisa meningkatkan produksi ASI, mengatasi rasa lelah dan stres pada wanita hamil, yoga juga memiliki banyak manfaat yang lainnya bagi wanita yang sedang menyusui. Nah untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk mengupas tentang manfaat yoga untuk kesehatan, terutama bagi wanita yang sedang menyusui sebagai berikut :

  1. Meredakan Nyeri Payudara

Biasanya pada saat sedang menyusui, seringkali wanita merasakan rasa sakit serta nyeri pada payudaranya. Hal ini terjadi dikarenakan produksi ASI yang terus berlangsung sedangkan bayi tidak selalu menyusui setiap saat. Akan tetapi jika anda mengikuti senam yoga, maka anda tidak usah merasa khawatir akan hal itu, karena gerakan pada yoga bisa meredakan rasa nyeri payudara anda pada saat sedang menyusui. Gerakan yoga tersebut dipadukan denganteknik terapi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada payudara.

  1. Mengatasi Gejala Depresi

Kadang seorang wanita yang baru saja melahirkan bayinya akan mengalami baby blues atau depresi setelah melakukan persalinan. Baby blues ini merupakan bentuk rasa cemas dan khawatir terhadap masa depan anaknya nanti. Namun dengan gerakan yoga yang memiliki teknik pernapasan yang baik, tentunya akan bisa membantu untuk mengatasi serta menghilangkan stres dan depresi sehingga anda akan merasa jauh lebih tenang dan rileks dalam merawat bayi anda.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Wanita yang sedang hamil atau yang baru melahirkan biasanya akan merasa tidak percaya diri karena bentuk tubuhnya yang sudah tidak menarik lagi. Namun anda tidak usah khawatir karea ada beberapa gerakan pada senam yoga yang bisa membantu untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri anda. Selain itu dengan yoga akan membuat anda lebih jujur, sehingga anda bisa mengungkapkan perasaan anda pada saat menyusui sang buah hati.

  1. Sosialisasi Dengan Sesama Wanita Hamil Dan Menyusui

Dengan datang ke tempat senam yoga serta berlatih prenatal yoga bisa dijadikan ajang silaturahmi antar wanita hamil dan menyusui lainnya. Dengan begitu anda bisa bertukar pikiran dan informasi seputar kehamilan dan menyusui. Selain itu anda juga bisa membuat grup di media sosial sehingga wawasan serta relasi anda akan semakin banyak.

Yoga pada dasarnya sebuah olahraga yang lebih berfokus kepada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan, sehingga cocok diaplikasikan oleh wanita hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *