15 Jenis Kuas Make Up dan Cara Membersihkannya

Masami Shouko Puppy Brush Set 6 Pcs

Tujuan dari tulisan ini bukan diperuntukkan untuk para perias profesional, tetapi kami secara eksklusif menjabarkan beragam jenis kuas make up beserta kegunaannya demi memperkaya ilmu merias Anda.

15 jenis kuas ini adalah kuas inti yang mesti Anda miliki bila hendak melakukan riasan menyeluruh dari awal hingga akhir, selamat mencoba!

  1. Foundation Brush

Kuas guna alas bedak ini ingin berbentuk pipih dan mempunyai jenis bulu lebih keras dari pada kuas-kuas lainnya. Kuas tersebut paling tepat guna mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbasis cair maupun krim layaknya liquid foundation, creamy foundation, sampai BB atau CC cream.

  1. Concealer Brush

Kuas ini seringkali mempunyai jenis bulu serupa dengan kuas foundation, tetapi perbedaannya terdapat pada format yang lebih panjang, kecil dan ujungnya meruncing. Concealer brush dengan ujung layaknya itu sesuai dipakai guna memberi kamuflase pada noda-noda di wajah, contohnya lingkaran gelap di bawah mata, titik jerawat, bekas jerawat, sampai tanda kelahiran.

  1. Angled Contour Brush

Kuas angled contour berbentuk asimetris (cenderung oleng ke satu sisi), dan meruncing pada unsur ujungnya. Biasanya kuas ini dipakai untuk membuat aksi contouring pada tulang pipi, lokasi rahang, dan garis dahi, demi mewujudkan siluet tirus.

  1. Powder Brush

Kuas ini dipakai untuk menaruh bedak pada semua wajah. Ujung bulunya ingin menebal atau cembung, dengan faedah sebagai pembauran dari alas bedak (foundation), contouring, dan bedak tersebut sendiri. Bedak yang dipakai dapat berbasis padat (compact) atau tabur (loose powder). Di samping itu, seringkali ada tiga opsi ukuran kuas di antaranya kecil, medium, dan besar.

  1. Sponge Applicator

Kuas ini bukan berupa helaian bulu, tetapi berbentuk spons. Fungsinya ialah sebagai aplikator guna menaruh eyeshadow pada kelopak mata. Perlu diketahui bilamana kuas ini lumayan rentan, sampai-sampai dalam pemakaian maupun perawatannya perlu dilakukankan secara lembut.

  1. Eyeshadow Brush

Kuas eyeshadow yang berjenis helaian bulu memiliki format pipih dan ujungnya tebal (cenderung cembung). Kuas tersebut seringkali dipakai untuk menyusun sudut mata memakai eyeshadow.

  1. Blending Brush for Eyeshadow

Kuas ini memiliki format oval dan berukuran kecil, sehingga sesuai untuk mencampur warna-warna eyeshadow agar gradasi pencampurannya terlihat lembut dan lebih natural.

  1. Angled Eyeliner Brush

Kuas angled eyeliner ini berbentuk asimetris di satu sisi, dan mempunyai tekstur lebih keras, Biasanya kuas tersebut dipakai untuk mengaplikasikan eyeliner yang berjenis gel maupun menciptakan garis dari bubuk eyeshadow, dan dapat memberi efek grafis lebih presisi.

  1. Precise Eyeliner Brush

Kuas ini berbentuk paling kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya ialah untuk menciptakan garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara presisi.

  1. Lash Brow Brush

Kuas yang identik dengan nama sikat alis ini mempunyai dua sisi dengan faedah berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, fungsinya ialah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan pun dapat bermanfaat memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata. Sedangkan sisi beda yang berbentuk sikat kecil, biasa digunakan untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.

  1. Mascara Wand

Kuas yang sama serupa dengan sisi lash brow brush tersebut pun memiliki faedah serupa. Yakni mencuci bulu mata dari gumpalan maskara, atau sekadar mencampur riasan alis supaya terlihat lebih mencampur natural bareng bulu alisnya.

  1. Angled Brow Brush

Kuas angled brow sekilas memang serupa dengan kuas angled eyeshadow, dengan ujung asimetris pada satu sisi. Namun bedanya ialah jenis bulu yang lebih halus supaya dapat menggambar helaian bulu-bulu di dalam alis secara natural. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik alis berbasis bubuk atau powder, ataupun gel. Sedangkan sudutnya yang lancip dan asimetris, sengaja dirancang untuk menyusun ujung alis supaya lebih presisi.

  1. Blush Brush

Kuas guna pemulas pipi ini ingin mempunyai gagang yang lebih ramping dan panjang bila dikomparasikan dengan kuas powder. Ketebalan bulu kuasnya pun lebih tidak banyak dan biasa dipakai untuk menaruh blushon atau produk shimmering.

  1. Fan Brush

Kuas ini berbentuk layaknya kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Sedangkan kegunaannya berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya, fan brush berukuran kecil atau medium seringkali digunakan guna mengaplikasikan highlighter pada unsur tulang pipi unsur atas.

Kalau fan brush berukuran besar atau jumbo, banyak dipakai sebagai finishing blend untuk mencampur atau sekadar mencuci sisa powder yang berjatuhan pada wajah.

  1. Lip Brush

Kuas lipstik ini pasti sudah tidak jarang Anda temui. Ya, bentuknya yang tipis dengan jenis bulu tidak banyak kasar atau keras, dan mempunyai ujung lanciup sehingga dapat membentuk garis bibir secara presisi. Sedangkan bulu-bulu kuasnya akan menolong Anda menyempurnakan pengaplikasian lipstik lebih sempurna, baik guna lipstik berjenis palet atau lipstik pada umumnya.

Elite Multifunction Brush 18 CM

Setelah mengetahui 15 jenis kuas make up, kita juga harus belajar membersihkannya. Membersihkan kuas ialah hal yang penting, karena andai Anda di antara orang yang malas mencuci kuas makeup, Anda mesti siap-siap menanggung sekian banyak  masalah masalah di kulit wajah Anda. Lantas, bagaimana teknik membersihkan kuas makeup?

Kuas dan perangkat dandan yang kita beli tidak akan mengindikasikan hasil yang maksimal andai kondisinya kotor dan sarat dengan noda. Membersihkan kuas memang agak merepotkan. Begitu banyaknya koleksi kuas, tapi waktu yang tersedia hanya terbatas. Tapi tahukah Anda, kuas yang jarang dimurnikan akan menyebabkan sekian banyak  risiko kesehatan? Beberapa risiko kesehatan andai Anda malas mencuci kuas makeup di antaranya, Pori-pori tersumbat, Kulit berjerawat, Infeksi bakteri, Iritasi kulit, Kulit keriput, dan Konjungtivitis.

Tidak hanya itu, kuas yang jarang dimurnikan juga dapat memperpendek umur pakai kuas tersebut. Padahal, bila diasuh dengan baik, umur kuas bisa bertahan sampai tahunan, bahkan seumur hidup, lho!

Kebanyakan berpengalaman kulit merekomendasikan untuk membasuh alat-alat makeup, layaknya kuas, sikat, dan spons paling tidak seminggu sekali. Hal ini digunakan untuk menangkal penumpukan kotoran yang menempel di kuas, sikat atau spons Anda. Para berpengalaman juga menganjurkan untuk mencuci sikat atau kuas yang digunakan paling tidak dua bulan sekali.

Ingat, beragam alat makeup tersebut dipakai di wajah Anda, sehingga mengawal kebersihannya pasti menjadi kunci untuk mengawal kesehatan kulit wajah kita secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, sering mencuci kuas tidak hanya akan menolong menjaga kesehatan kulit wajah kita saja. Pasalnya, kebiasaan baik ini akan membuat hasil make up lebih rata sampai-sampai akan memaksimalkan penampilan Anda.

Sebenarnya, ada banyak trik simpel untuk irit waktu dan tenaga saat Anda bersih-bersih kuas makeup. Yang sangat mudah, pakai sampo eksklusif khusus kuas. Sampo eksklusif kuas make up terdapat di pasaran, tapi mencuci kuas makeup juga dapat dilakukan dengan sampo bayi.

Caranya, semprotkan sampo ke masing-masing kuas yang baru saja digunakan. Jika kita rutin mengerjakan trik ini, otomatis Anda bakal mempersingkat waktu membasuh kuas mingguan Anda. Namun, pembersihan kuas secara lengkap masih tetap mesti dilakukan, sebab sampo ini hanya akan mencuci kuas makeup guna sementara.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu membeli alat make up di toko online original yang sudah terbukti terpercaya ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *