4 Tips Sewa Apartemen Sebelum Putuskan Deal

Sebelum kamu memutuskan untuk sewa apartemen, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa tips tersebut:

  1. Legalitas

yang berikutnya adalah legalitas, jika anda saja sedang membeli sebuah rumah, maka anda akan mendapat SHM atau Surat Hak Milik. SHM merupakan surat kepemilikan yang paling kuat, tidak ada tentunya batasan waktu, dapat diwariskan secara turun temurun.

Jika anda membeli sebuah apartemen maka anda akan memiliki sertifikat HGB atau Hak Guna Bangunan. HGB sendiri memiliki batasan waktu yaitu sampai 20 tahun. Perlu anda perhatikan juga apa sertifikat tersebut adalah HGB murni atau HGB diatas HPL atau Hak Pengelolaan Lahan.

Kalau HGB murni mengartikan jika tanah tersebut dipunyai oleh developer, namun kalau setelah sertifikat HGB tersebut telah habis maka dapat diperpanjang. Kalau HGB anda di atas HPL hal tersebut mengartikan jika tanah tersebut bukanlah dimiliki oleh Developer melainkan juga adanya kerja sama developer dengan pihak yang lainnya selaku pemilik tanah. Setelah dalam jangka waktu kerja sama telah habis maka hak bangunan dan tanah akan menjadi hak pemilik tanah.

  1. Biaya Perawatan atau Maintenance

Faktor ini adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat anda perhatikan lebih lanjut setelah melakukan pengecekan adalah melihat dari sisi internal apartemen, ini adalah langkah yang hampir memasuki langkah terakhir sebelum benar-benar deal terhadap apartemen impian anda. Langkah ini adalah biaya perawatan dengan sifat yang berkala.

Jika anda tinggal di dalam rumah maka nantinya akan ada banyak sekali macam-macam iuran yang harus anda keluarkan seperti keamanan, listrik, kebersihan, telepon, tukang potong rumput, belum lagi iuran acara RT dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan berbeda dengan apartemen yang cukup sekali saja dalam sebulan, karena telah di akumulasikan.

Bahkan terdapat juga biaya untuk pengelola apartemen yang dapat menagih per 6 bulan untuk biaya maintenance nya saja. Namun nominal seluruhnya untuk biaya perawatan apartemen akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah.

  1. Anda bisa meyakinkan pemilik

Hal yang paling akhir sebelum melakukan sewa apartemen adalah anda dapat meyakinkan pemilik bahwa Anda penyewa yang bisa bertanggung jawab. Katakan jika anda akan sanggup utnuk dapat membayar sewa sesuai dengan perjanjian, dengan anda menjaga juga fasilitas apartemen dan lingkungan yang ada di sekitar, serta anda dapat mengajak penyewa baru di unit apartemen pemilik. Penampilan anda yang rapi dan cara berbicara sopan serta juga ramah dapat menambah nilai plus anda di mata pemilik apartemen.

  1. Adanya perjanjian sewa

Nah, jika anda telah merasa yakin dengan adanya kondisi dan fasilitas apartemen, Anda dapat menunjuk ke langkah-langkah untuk menyewa apartemen yang berikutnya adalah perjanjian sewa. Perjanjian sewa sendiri memang sangat penting karena menyangkut adanya hak dan kewajiban dari para pihak pemilik maupun Anda selaku penyewa.

Juga dalam hal surat perjanjian tertera hal-hal seperti adanya besar uang sewa yang wajib anda bayarkan, dapat dilakukan per bulan atau per tahun, adanya jangka waktu sewa, adanya juga biaya tambahan yang lainnya seperti untuk keperluan apartemen, dan hal yang lainnya termasuk dalam hal ini adalah perjanjian.

Di samping itu juga anda bisa memastikan juga untuk anda dapat mempergunakan materai dalam perjanjian yang telah anda sepakati tersebut agar nantinya terlihat resmi dan dapat dipertanggung jawabkan. Jangan anda hanya mempergunakan perjanjian secara lisan karena hal tersebut tidak dapat dijadikan bukti saat terjadi masalah ketika masa sewa anda masih.

Di atas adalah beberapa tips sebelum anda sewa apartemen tahap akhir, semoga dapat membantu anda yang lagi mencari apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *