Solusi untuk Sepupuku Pasca Kecelakaan

Desember lalu aku mendapat kabar duka dari tanteku. Tanteku sekeluarga dengan suami, anak, menantu dan cucunya mengalami kecelakaan di ruas Tol Cipali. Mereka sekeluarga ingin pulang ke kampung. Saat itu baru 11km melaju di Tol Cipali, ban mobil yang mereka tumpangi pecah lalu mobil tergelincir. 

Mobil jatuh ke arah kiri, kaca mobil depan pecah. Mereka luka-luka dan tanteku sempat tidak sadarkan diri. Kondisi paling parah dialami oleh sepupuku yang pada saat kejadian duduk di kursi penumpang depan. Tangan sepupuku keluar dan menyeret jalanan karena kaca di sampingnya pecah. Akibatnya kondisi lengan kiri sepupuku dapat dikatakan putus beberapa syarafnya. Namun sudah ditangani oleh rumah sakit. 

Aku bersama papa dan mama menengok sepupuku yang sudah dipindahkan ke Rumah Sakit di Jakarta. Sungguh prihatin melihat kondisinya pasca operasi. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah sepupuku ini sedang duduk di kelas 9 SMP sebentar lagi ia harus mengikuti ujian. 

Keputusan dari sekolah, sepupuku dapat mengikuti Ujian Nasional atau Ujian Sekolah. Ujian akan dilakukan di rumah sakit atau di rumah, dengan adanya guru yang datang ke rumah sebagai pengawas. Tapi yang harus diperhatikan lagi adalah sepupuku bukan hanya butuh ujian, melainkan membutuhkan persiapan untuk ujian tersebut. Seharusnya jika ia tidak mengalami kejadian ini, ia bisa mengikuti pelajaran di sekolah serta penambahan materi di sekolah. 

Aku pun mencarikan solusi untuk sepupuku. Entah harus memanggil guru bimbel privat atau solusi lain. Tapi tanteku memberi pesan dari segi biaya jangan terlalu mahal, karena tanteku sudah habis banyak biaya untuk biaya perawatan sepupuku. 

Aku baru ingat dengan bimbel online yang sempat viral karena bintang iklannya adalah Iqbal mantan grup cowboy junior, Ruangguru. Setelah aku pelajari tentang aplikasi tersebut, aku membicarakannya kepada tanteku. Aku mengatakan padanya kalau dengan aplikasi ini, sepupuku akan mendapat banyak manfaat, diantaranya:

  • Dapat melakukan pembelajaran dimana saja dan kapan saja. 

Karena sepupuku masih butuh perawatan khusus di Rumah Sakit, maka aplikasi ini sangat membantu ia untuk belajar dengan bagaimanapun kondisi waktu dan tempatnya. 

Pesan tanteku adalah untuk mencarikan bimbel yang murah. Di aplikasi Ruangguru ini, ada beberapa fitur yang bisa diunduh secara gratis materi-materinya. Atau soal-soal latihan juga terdapat beberapa yang gratis tanpa harus berlangganan terlebih dulu, kita sudah bisa mengukur sejauh mana pengetahuan yang sudah dimiliki, melalui latihan soal tadi. 

Sepupuku sangat senang setelah ia mengetahui aplikasi Ruangguru ini dari aku. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya bimbel online gratis ini. Bukan hanya sepupuku yang merasa terbantu dengan aplikasi ini, tapi tanteku merasa senang juga melihat anaknya yang walaupun dalam kondisi saat ini masih bisa mengikuti bimbel online gratis ini tanpa terpaut kondisi, tempat dan waktu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *