Persiapkan Diri Sebelum Melahirkan

10 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami

Memasuki trisemester ke tiga saat di masa kehamilan, para ibu hamil tentunya akan was-was saat memasuki tahap ini, karna tidak lama lagi sang bayi yang ditunggu-tunggu akan segera lahir, walaupun terkadang dokter juga sulit untuk memprediksi tepatnya kapan waktu lahiran akan berlangsung. Namun tak ada salah nya untuk memperhatikan tanda-tanda atau gejala yang akan muncul dan kerap terjadi pada tubuh juga pada si kecil di dalam perut.  Tentunya ini adalah momen yang sangat besar yang menjadi impian para ibu hamil agar proses lahirannya dapat berjalan baik. Para ibu tidak perlu cemas, untuk mengetahui apa saja tanda-tanda sebelum melahirkan juga persiapan seperti apa yang harus di lakukan. Langsung saja simak artikel ini.

Pengenduran, atau yang lebih dikenal dengan perubahan posisi bayi di dalam perut ibu. Jika sebelumnya kita merasakan bahwa posisi kepala bayi yang berada di atas dan kaki di bawah, namun kali ini merasakan yang sebaliknya dengan posisi bayi yang berada lebih rendah dari biasanya, maka ini akan mempermudah ibu untuk bernafas lebih leluasa di karenakan tekanan pada diafragma ibu semakin ringan akibat posisi bayi tersebut, namun akan lebih banyak tekanan pada kandung kemih sehingga ibu akan lebih sering buang air kecil. Hal ini biasanya merupakan tanda-tanda yang ada pada beberapa jam sebelum melahirkan.

Tanda-tanda ini akan muncul pada beberapa minggu sebelumnya atau beberapa hari sebelum persalinan, yaitu dengan munculnya pelebaran pada leher rahim, dokter akan memeriksa dengan di ukur berapa skala sentimeter ataupun dengan memasukan jari untuk melihat keadaan leher rahim apakah sudah mulai melebar ataupun belum. Jika leher rahim sudah melebar sekitar 10 cm kurang maka pembukaan sudah dapat dikatakan lengkap dan dapat melangsungkan persalinan, namun jika sudah dapat melebar pas 10 cm maka ini dikatakan sudah pembukaan penuh. Selanjutnya jika leher rahim sudah melebar kemudian menipis, melebar lagi dan seterusnya maka ini tanda akan melahirkan sebentar lagi dan juga akan disertai dengan munculnya kontraksi di tingkat cukup ringan.

Nyerinya pada punggung serta kram perut juga merupakan tanda pada saat selama persalinan. Selain perut serta punggung, ibu akan merasakan nyeri pada bagian paha juga punggung bagian bawah, karnanya otot-otot serta sendi ibu sedang meregang juga bergeser, dimana menandakan proses melahirkan akan sebentar lagi. Selain itu, ibu akan merasakan diare, mual hingga muntah, hal ini kerap terjadi karna pada hormone yang di produksi akan memudahkan kelahiran bayi ibu sehingga merangsang kerja pada usus lebih aktif dari biasanya. Juga akan terjadi perubahan energy di dalam tubuh, dimana sang ibu dapat sering mengantuk disiang hari namun sulit tertidur dimalam hari, ataupun para ibu memiliki energi yang besar saat mendekati hari kelahiran, seperti sehari sebelum melahirkan sang ibu malah membersihkan rumah juga berpergian dan kegiatan lainnya yang membutuhkan tenaga besar. 

Jika sudah paling mendekati untuk melahirkan, biasanya akan muncul pertanda, sebagai berikut, yaitu keluarnya lendir yang menyerupai keputihan, kemudian munculnya kontraksi dengan pola yang kuat namun teratur, sehingga terakhir ditandai dengan ketuban yang pecah maka diharuskan sigap untuk segera diambil tindakan lebih lanjut. Namun ada baiknya, untuk segera memikirkan nama bayi yang akan diberikan sebelum bayi tersebut dilahirkan ke bumi ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *