Lagi Nyari Makanan Khas Jogja Yang Enak? Ini Dia Rekomendasinya

10 Warung Gudeg Manggar di Jogja yang Enak dan Legendaris

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kota Jogja mendapat predikat sebagai Kota Pelajar. Pasalnya, di kota Jogja ada banyak sekali sekolahan maupun universitas yang terakreditasi A, sehingga kerap menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing di dunia internasional. Tak hanya seputar pendidikan, di kota yang di pimpin oleh seorang Raja ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang sangat unik dan menarik lho. Dengan demikian, maka tak heran jika kota yang satu ini selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan lokal maupun asing. Berbicara soal Jogja, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa kumpulan artikel resep masakan khas Jogja yang paling enak. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

* Gudeg

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa gudeg ini sangat identik dengan kota Jogja. Ya, terang saja demikian, sebab gudeg merupakan ikon kulinernya bagi kota Jogja. Itu sebabnya, mengapa kuliner yang satu ini selalu diidentikan dengan kota Jogja. Terdapat 3 jenis gudeg yang terkenal di kota Jogja, yakni gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Meskipun berbeda, namun ketiga jenis gudeg tersebut sama-sama memiliki cita rasa yang sangat lezat. Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga dari gudeg Jogja ini sangat bersahabat dengan isi dompet kita lho.

* Geblek

Geblek merupakan makanan tradisional khas Jogja yang berasal dari daerah Kulon Progo. Makanan tersebut terbuat dari bahan tepung singkong, yang nantinya akan dibumbui dengan garam serta tumisan bawang putih. Ia juga tampil dengan bentuk yang sangat unik, dan memiliki tekstur empuk dan agak sedikit renyah. Biasanya, geblek ini paling pas jika disantap dengan tempe benguk.

* Tengkleng Gajah

Maskipun namanya adalah tengkleng gajah, namun kuliner tersebut terbuat dari daging kambing lho. Ya, kuliner yang satu ini bisa kamu jumpai dengan mudah di pinggiran jalan kota Jogja, yang menawarkan harga cukup terjangkau. Tengkleng gajah ini dibumbui dengan beragam rempah-rempah khas Jogja, yang tentu saja akan menghasilkan cita rasa yang begitu memanjakan lidah.

* Mie Lethek

Menurut informasi yang didapat, mie lethek ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari daerah Bantul, Yogyakarta. Mie ini terbuat dari tepung ketela yang memiliki tekstur kenyal, serta tampil dengan warna kecoklatan. Untuk menambah kelezatan cita rasanya, mie lethek ini akan ditaburi dengan bawang goreng, seledri, dan lain sebagainya.

* Gatot

Gatot disini bukanlah sebuah nama seseorang, melainkan kuliner tradisional khas Gunung Kidul, Yogyakarta yang pada jaman dulu digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kuliner tersebut memiliki tekstur yang empuk, dan ditaburi parutan kelapa sehingga rasanya sangat gurih. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

* Kipo

Daftar kuliner khas Jogja berikutnya yang wajib kamu coba, yakni bernama kipo yang berasal dari daerah Kotagede. Makanan ini berupa kue yang berbentuk lonjong dengan tekstur kenyal, yang didalamnya berisi parutan kelapa serta gula merah cair. Pada proses pembuatannya, adonannya akan dicampurkan dengan daun suji sebagai pewarna hijau alami, yang kemudian digabungkan dengan daun pandan sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum. Tentu saja keu ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Itulah daftar kuliner khas Jogja paling enak yang tentu saja wajib kamu coba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *